Sunday, October 29, 2017

Laporan Wisata Edukasi

Dibuat Oleh: Shaquilla Arkhan Bravidya Aribowo (35) 7C

                    Pada Tanggal 19 Oktober 2017, kami angkatan 26 melaksanakan kegiatan wisata edukasi. Kita mengunjungi tempat-tempat yang memunyai banyak ilmu seperti PUSPITEK, TMII, dan Among Putra Sky World. Seharusnya kita juga pergi ke Museum Air Tawar tetapi karena hujan dan waktu hanya sedikit, maka kita tidak bisa mengunjungi tempat itu. Kita juga dikasih berberapa lembar kertas LKS yang kita harus jawab selama di kegiatan ini.
Foto Wijaya Kusumah.
Sebelum kita berangat, kita melaksanakan apel di lapangan SMP Labschool Jakarta sekitar empat puluh menit sebelum naik ke bis. Setiap bis mengisi satu kelas dengan wali kelasnya. Bis yang kita menaikkan adalah bis 3 karena kelas kita adalah kelas 7C. Perjalanan pertama adalah ke PUSPIPTEK. PUSPITEK adalah singkat dari Pusat Penelitian ilmu pengetahuan dan Teknologi. Pada perjalanan ini, kita semua melakukan sesuatu berbeda-beda seperti mengobrol Bersama teman-teman, memakan makanan yang telah dibawa dari rumah, dan mendengarkan musik.
Saat tiba di PUSPIPTEK, kita pertama pergi ke gedung Pusat Informasi Puspiptek. Disini kita belajar bahwa PUSPIPTEK adalah  tempat yang khusus untuk meniliti dan mengamati alat dan bahan berbeda-beda dengan visi untuk menjadi National Science Techno Park (N-STP) yang berfungsi sebagai pusat penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi yang bermutu dalam mendukung daya saing bangsa dan dengan misi untuk, meningkatkan inovasi produk-produk nasional, meningkatkan budaya entreupreneurship, penumbuhan PPBT dan meningkatkan kemampuan SDM industri/masyarakat, dan untuk meningkatkan kualitas layanan tata kelola, sarana-prasarana, dan keamanan-keselamatan kawasan PUSPIPTEK.
                     Foto Wijaya Kusumah.    
Habis itu, setiap kelas pergi ke salah satu lab yang ada di PUSPIPTEK. Pada 7C, kita pergi ke Lab yang mempunyai misi untuk mencari cara untuk mengkurangkan energy yang dipakai untuk alat-alat rumah tangga. Pada waktu ini kita juga harus menggunakan jas lab yang kita harus bawa dari rumah. Disana, kita melihat mesin-mesin berbeda-beda yang brfungsi untuk mengeliti perkuatan suatu lampu. Kita juga menjawab berberapa pertanyaan LKS yang bertentang bagian ini.
              Keluar dari lab itu, kita mulai makan siang di dalam bis kelas masing-masing. Makan siangnya adalah ayam KFC. Selesai makan, bis kita berjalan ke lokasi selanjutnya yaitu Taman Mini. Pada perjalanan ini, kita mulai mengganti baju kita dari baju batik sekolah ke baju yang telah dikasihkan sekolah untuk wajib dibawa dan diggunakan pada saat ini. Disana, kita pertama shalat Zuhur di masjid. Selanjutnya, kita pergi ke salah satu tempat di Taman Mini yaitu Among Putra Sky World. Tempat ini berfokus tentang ilmu yang berkaitan dengan alam semesta. Pada waktu kita sampai, kita dapat menonton suatu video tentang solar sistem kita. Videonya mempunyai keterampilan yang keren tetapi sedikit membosankan. Habis video selesai, kita mulai jalan ke tempat museum. Tempat ini juga salah satu tempat yang mempunyai jawaban ke soal-soal LKS kita. Museum ini mempunyai informasi tentang Solar sistem kita, pahlawan-pahlawan yang berkaitan dengan ilmuan alam semesta, dan model roket-roket yang telah dibuat oleh negara berbeda-beda.  
                               Foto Wijaya Kusumah.
             Selesai itu, kita menaikkan roller coaster dengan bentuk film yang menggunakan kacamata 3D dan kursi yang bergerak-gerak yang bertujuan untuk membuat kita merasa seperti kita menaik roller coaster nyata. Habis itu, sambal tunggu teman-teman selesai, aku menggunakan waktu ini untuk beli makanan dari kantin yang tersedia disana. Selanjutnya kita pergi ke planetarium yang tersedia di sana, kita membelajar tentang konstilasi berbeda-beda dan juga tentang planet-planet lain juga.
                Waktu sekarang jam 17:00 dan karena ini, kita tidak punya waktu untuk pergi ke Museum Air tawar karena sebenarnya kita telah berancana untuk sampai ke sekolah pada jam 18:00 dan berangkat jam 16:00 pada selesai shalat Ashar dan juga karena pada saat ini hujannya sangat deras jadi kita tidak bisa melihat museumnya. Dan karena ini, kita juga tidak bisa menjawab satu lembar pertanyaan dari berberapa lembar LKS. Sekarang kita berangkat ke masjid yang kita shalat Zuhur sebelumnya untuk shalat Ashar. Karena waktunya sangat berdekat dengan waktu shalat Magrib, jadi kita tunggu sampai adzan Magrib dan juga karena pada perjalanan pulang ke sekolah, kita tidak akan punya kesempatan untuk shalat Magrib.

                Pada saat selesai shalat Magrib, kita semua masuk kembali ke dalam bis untuk mulai perjalanan pulang. Pada perjalanan balik ke sekolah, teman-teman aku semuanya bersikap heboh dengan melakukan perbuatan seperti berteriak-teriak, berjalan-jalan di dalam bis, dan dengan menaikki kursi-kursi bis. Aku menggunakan waktu ini untuk menghabiskan semua makanan yang aku telah bawa dari rumah. Akhirnya pada jam 19:00, semua bis telah sampai di Labschool dan itulah akhiran dari perjalan panjang hari ini.

11 comments:

https://www.youtube.com/watch?v=YDpUGRmK9-o